Cara Melakukan Riset Pasar Bisnis Online

Cara Melakukan Riset Pasar Bisnis Online – Setelah mengetahui Analisis Potensi Bisnis Online di Indonesia maka sekarang adalah saatnya membangun bisnis online yang sesuangguhnya. Bisnis online adalah hal yang mudah untuk dilakukan dan dipelajari oleh siapapun kapanpun dan dimanapun. Modal utama bisnis online adalah koneksi internet dan ‘produk’. Produk disini bisa produk secara nyata maupun dalam bentuk jasa.

cara melakukan riset pasar bisnis on line

Melakukan Riset Pasar

Dalam bisnis online hal pertama yang harus diperhatikan adalah pasar. Pasar disini bermakna ‘kumpulan calon pembeli’ atau biasa disebut potensial customer. Pasar sangatlah penting karena akan berpengaruh pada seluruh proses bisnis online yang akan dijalankan. Melakukan riset pasar berarti mengamati, mengumpulkan data dan menyimpulkan perilaku pasar, apa yang pasar inginkan dan darimana anda bisa masuk untuk memulai bisnis. Dari riset pasar ini anda akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pasar, apa saja tren saat ini dan apa yang bisa anda tawarkan untuk memperoleh perhatian pasar. Tanpa riset pasar yang benar anda akan terjebak dalam permainan pasar dan semakin memperbesar kemungkinan anda untuk gagal.

Baca juga : Peluang Bisnis Jaket Anime 2016

Riset Pasar Dengan Internet

Melakukan riset pasar tidaklah sulit. Salah satu contoh paling mudah adalah dengan mengamati perilaku teman teman anda di social media seperti Facebook dan Twitter. Dari pembicaraan teman teman anda itu anda bisa mulai mengumpulkan data tentang apa saja yang mereka inginkan, apa saja yang mereka butuhkan dan bagaimana menempatkan diri anda sebagai pebisnis yang mengerti keingin calon konsumen anda. Tentu saja untuk cakupan pasar atau target market yang lebih besar anda akan memerlukan data yang lebih banyak dan lebih variatif. Namun jangan kuatir, di internet hampir semua hal bisa anda peroleh secara cepat dan gratis. Salah satu alat yang berguna untuk melakukan riset pasar adalah Google Keyword Tools (GKT). GKT adalah tools gratis yang disediakan oleh Google untuk para pengiklan di Google. Walaupun GKT ditujukan untuk para pengiklan namun GKT bisa juga digunakan sebagai alat riset pasar. Dengan GKT anda bisa mengetaui secara eksak berapa jumlah orang yang mencari produk tertentu selama periode tertentu. Data itu akan memberikan anda gambaran tentang kepopuleran suatu produk yang akan anda pasarkan. Alat lain yang ditawarkan Google dan dapat digunakan untuk riset pasar adalah Google Trend. Google Trend memungkinkan anda mengekstrak data eksak dari Google dan mengetahui tren data itu dari waktu ke waktu. Dengan Google Trend anda juga bisa membandingkan tren dari dua produk yang berbeda sehingga memudahkan anda untuk mengambil prioritas prouk mana yang akan anda pasarkan dan produk mana yang tidak.

Cara lain untuk mengamati perilaku konsumen di pasar adalah dengan melihat pasar itu sendiri. Contohnya anda bisa masuk ke forum jual beli kaskus, blibli, tokobagus, berniaga, amazon dan melihat produk apa saja yang mendapatkan respon positif dari konsumen. Setelah anda melihat produk apa saja yang populer dan bagaimana perilaku konsumen di sana anda bisa mulai berpikir bagaimana caranya agar produk anda masuk ke dalam kriteria tersebut.

Saatnya Memulai Bisnis Online

Jika anda telah memperoleh data yang meyakinkan untuk produk yang anda tawarkan dan anda juga telah mempunyai strategy jitu pemasaran berdasarkan pengamatan anda terhadap perilaku konsumen yang telah anda lakukan maka sekarang saatnya anda beraksi. Segera bangun kerajaan bisnis online anda.

Artikel Terkait : Tips Sukses Berjualan On Line

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *