Bermacam Kendala dan Solusi Bisnis Online Anda

Bermacam Kendala dan Solusi Bisnis Online Anda – Menjamurnya bisnis Online di era Digital sekarang ini secara tidak langsung membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi pelaku bisnis dan mempunyai kesempatan untuk sukses. Tetapi untuk menuju kata suskses,tentu saja hal itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika kita bicara bisnis online.

Di balik kesuksesan pebisnis online, ada banyak kendala, atau masalah yang umum melanda pebisnis online shop, tak heran banyak pebisnis Online Shop berhenti di tengah jalan, atau bisnisnya jalan di tempat karena tidak bisa mencapai target penjualan.Nah, berikut akan kami ulas beberapa macam kendala yang mungkin menjadi permasalahan dalam anda nanti nya menjalankan sebuah bisnis online, dan anda bisa mengantisipasinya.

Kendala dan Solusi Bisnis Online AndaPERSAINGAN YANG KETAT

Tidak bisa di pungkiri,era Digital sekarang sangat memudahkan orang  dalam mengakses Internet. Semakin mudah orang mengakses internet,semakin besar pula kesempatan orang untuk berbisnis online. Semakin banyak pebisnis online,maka secara otomatis semakin pula banyak persaingan antara pelaku bisnis online itu sendiri. Jika kita tidak pandai-pandai mensiasati mulai dari strategi penjualan seperti harga, pemberian diskon kepada konsumen, dan lain sebagainya,maka bisa di pastikan jualan kita akan sepi karena kalah bersaing dengan pelaku bisnis yang lain .

Cara lainnya adalah mencari produk yang unik dan berbeda daripada lainnya. Usahakan memilih atau membuat barang yang unik, namun trend dan memikat pasar. Terakhir, memainkan strategi pemasaran yan tepat sasaran untuk menarik minat pasar.
Beberapa cara strategi yang menarik dapat dilakukan, seperti memberi diskon, atau hadiah bagi yang memesan lebih dari 2 buah, atau melakukan penjualan besar- besaran dengan mengunggah barang di berbagai media sosial yang dimiliki dan rajin mengupdate barang yang dijual. Beberapa cara tersebut dapat dilakukan untuk memenangkan persaingan dengan online shop lainnya.

Baca juga : Cara Melakukan Riset Pasar Bisnis Online

PRODUSEN/SUPLLIER

Nah,masalah yang satu ini jangan sampai diabaikan. Menurut pengalaman di lapangan, banyak dari pelaku bisnis online akhirnya berhenti di tengah jalan karena mereka terlalu tergantung dari supllier atau pemasok barang mereka. Ketika supllier mereka sudah tidak bisa memberikan pasokan barang lagi, maka pelaku jual online pun tidak mempunyai barang untuk mereka jual,… dan akhir nya ikut-ikutan berhenti di tengah jalan. Hal itu tentunya harus anda antisipasi di awal agar tidak terjadi kejadian seperti itu .

Cara nya adalah anda harus mencari referensi sebanyak banyaknya dari berbagai tempat produsen mana atau supllier mana yang bisa anda percaya. Atau paling tidak anda jangan hanya bergantung terhadap satu supllier saja.Jadi, jika salah satu supllier anda kehabisan stock,anda masih bisa mengambil di tempat supllier lainya. Dengan begitu,penjualan di toko anda tidak akan tersendat hanya karena stock barang kosong dari satu satu supllier anda.

PENIPUAN

Bisnis online shop ternyata tidak hanya menjadi peluang bagi para pebisnis, tapi menjadi peluang bagi para penjahat yang mencoba memanfaatkan trend ini untuk melakukan penipuan. Berbagai kasus penipuan online shop banyak diberitakan di TV, koran, bahkan para pengguna sosial media sendiri.

Biasanya para pengguna akun media sosial  yang pernah menjadi korban akan mengunggah pengalaman mereka yang ditipu oleh online shop palsu, dengan harapan tidak akan ada yang menjadi korban berikutnya. Beberapa kasus yang terjadi adalah ketika konsumen sudah mentransfer uang ke rekening yang bersangkutan, namun barang tak kunjung dikirim. Bahkan ada yang mengirim barang, namun isi paketnya ternyata sampah.

Untuk mengatasi masalah ini, yang perlu dilakukan adalah, mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Selain nomor telepon, dapat dicantumkan pula alamat jika ada, atau pin BBM, dan akun media sosial lainnya. Tidak hanya itu, dapat dicantumkan pula testimoni para pembeli yang telah menerima barang dan merasa puas dengan pelayanan yang diterima. Sebisa mungkin menghubungi konsumen yang bersangkutan secara berkala untuk mem-follow up penerimaan barang apakah sudah sampai atau belum, dan sebagainya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para konsumen merasa aman dan percaya bahwa barangnya akan sampai ke tangan dalam waktu yang ditentukan.

AKSES INTERNET

Syarat utama dalam memulai bisnis online adalah ketersediaan akses internet. Bisa dibilang koneksi internet adalah nyawa dari online shop sendiri. Tentu tanpa akses internet, bisnis tidak dapat dijalankan bukan. Oleh karena itu, masalah akan timbul apabila pebisnis tiba- tiba kehilangan koneksi internet.
Hal ini dapat terjadi apabila iuran internet belum dibayar, atau terputus tiba-tiba. Sebab lainnya bisa saja ketika pebisnis bepergian ke luar kota yang ternyata sinyal internetnya jelek. Untuk mengatasi masalah ini, usahakan membayar pulsa internet tepat waktu, agar nantinya tidak kerepotan.
Tentulah biaya internet harus dimasukkan sebagai anggaran pengeluaran utama ketika merencanakan bisnis ini. Dan apabila sedang bepergian ke luar daerah, usahakan agar menunjuk orang yang dipercaya untuk mengatasi semua urusan bisnis sementara. Atau cara lainnya, memprogram agar semuanya dapat tetap teratasi walaupun berada di tempat yang koneksi internetnya kurang bagus.

GAPTEK ONLINE SHOP

Masalah lain yang dihadapi ternyata tidak hanya dari sang pebisnis sendiri melainkan dari para konsumen juga. Warga Negara Indonesia belum sepenuhnya bisa mengoperasikan internet dengan tepat, khususnya warga yang berada di daerah lain di luar Jakarta. Banyak orang yang belum terbiasa menggunakan jasa online shop untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Sebagai perbandingan, di negara maju ada yang menggunakan jasa online untuk membeli kebutuhan rumah tangga, seperti bahan-bahan makanan, dan sebagainya. Namun, terkadang di Indonesia, masih bisa dijumpai orang yang enggan berbelanja via online karena kurang mengerti dengan sistemnya. Hal ini bisa terlihat dari pertanyaan yang sering dilontarkan konsumen.
Ada yang kerap bertanya tentang bahan, cara membeli, dan lain-lain, padahal penjelasannya tertera di gambar dan petunjuk. Bagimana cara mengatasinya? Yaitu dengan membuat sistem pembayaran yang mudah dan memiliki banyak alternatif. Misalnya, membuka rekening di beberapa bank yang sekiranya orang banyak miliki, sehingga memudahkan bertransaksi.
Dan apabila ada yang bertanya, walaupun penjelasannya sudah tertera, usahakan untuk tetap ramah menjawab, karena bagaimanapun konsumen adalah raja.

Itulah beberapa kendala umum yang biasa dihadapi para pebisnis online. Tentunya tidak semua orang mengalami kendala yang sama. Jika memiliki kendala lain, usahakan tetap berusaha mencari jalan keluarnya dan pantang menyerah. Semoga artikel nyabisa bermanfaat, dan salam sukses untuk para pebisnis Online.

Artikel Terkait : Tips Sukses Berjualan Via Online

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *